Home » » Definisi Isra' Dan Mi'raj Nabi Muhammad SWT

Definisi Isra' Dan Mi'raj Nabi Muhammad SWT



HIKMAH PERISTIWA ISRA'MI'RAJ

A. Definisi
Isra' secara Bahasa berasal dari kata 'saro' barmakna perjalanan di malam hari. Adapun secara istilah, isra' bermakana perjalanan Rosulullah bersama malaikat Jibril dari Mekkah ke Baitul Maqdis ( Palestina ) pada malam hari dengan mengendarai Buroq.

Mi'raj secara Bahasa isim ialah ( kata yang menunjukan alat ) dari kata 'aroja' yang berarti naik menuju ke atas. sehingga maknanya secara Bahasa adalah suatu alat yang dipakai untuk naik, baik berupa tangga pada bulan Rajab, khususnya momentum peringantan Isra' Mi'raj, seyogyanya kita mengevaluasi shalat kita selama ini: sudahkah dilaksanakan sesuai dengan sunnah Rasul? sudah khusyukkah kita shalat selama ini? Berdampaklah Shalat kita pada kelakuan sehari-hari ?

Adapaun secara istilah, Mi'raj bermakna tangga khusus yang Nabi naik dengannya pada malam hari dari Baitul Maqdis ke langit.
Isro' dan Mi'raj dengan jasad dan ruh dalam keadaan terjaga ini adalah pendapat Jumhur (kebanyakan) ulama, Muhadditsin, dan Fuqoha.

B. Hikmah Terjadinya Isra' Mi'raj
1. Untuk menampakkan kejujuran dan semakin memperkuat hujjah terhadap pengakuan beliaubahwa beliau melakukan Isra' Mi'raj pada suatu malam.hal ini nampak ketika orang-orang kafir Quraisy bertanya kepada Nabi tentang sifat Baitul Maqdis untuk menguji apakah beliau betul-betul kesana tadi malam atau tidak. maka beliau menjawab dan menggambarkan sifat-sifatnya dan mereka Quraisy membenarkannya. akan tetapi mereka tetap mengingkari peristiwa Isra' Mi'raj ini.
2. Agar beliau mendapatkan keutamaan berupa melihat kedua kiblat pada suatu malam.
3. Untuk menampakan hubungan yang sangat erat antara Mekkah dan Baitul Maqdis yang keduanya merupakan kiblat kaum Muslimin.
4. karena Baitul Maqdis adalah tempat berhijrahnya kebanyakan Nabi sebelum beliau, sehingga tatkala beliau melakukan perjalanan ke sana, maka beliau tidak tertinggal dari amalan keutamaan yang dilakukan oleh para Nabi sebelum beliau.
5. Untuk menampakkan keutamaan beliau di atas para nabi selain beliau, tatkala beliau berjumpa dengan mereka di Baitul Maqdis lalu beliau Shalat mengimami mereka. 

Terima Kasih telah Mengunjungi Blogger  by : http://daus-maruddani.blogspot.com/2013/04/kumpulan-motivasi-mario-teguh-terbaru.html jika ada kesalahan mohon di komentari demi kebenaran wssalam.......

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. Aku Hanya Orang Biasa - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger